Diberdayakan oleh Blogger.
RSS

Splitter

SPLITTER
Kegunaan SPLITTER adalah untuk men-split (split = memisahkan) frekuensi “rendah” dengan “tinggi” yang berjalan bersama-sama dalam satu line telepon. Untuk mudahnya, kita dapat mengatakan Splitter berfungsi memisahkan sinyal analog (suara) dan digital (koneksi data) supaya satu line telepon bisa dipakai baik untuk koneksi internet [digital signal] maupun telepon biasa [analog signal]. Spitter bertugas menjaga supaya sinyal di kisaran frekuensi rendah tidak menginterferensi yg di kisaran frekuensi tinggi dan sebaliknya. Splitter ini berguna untuk menghilangkan gangguan ketika kita menggunakan modem ADSL. Sehingga nantinya kita tetap dapat menggunakan Internet dan menjawab telepon secara bersamaan.



Splitter adalah alat untuk memisahkan sesuatu, dalam hal ini adalah memisahkan frekuensi rendah dan frekuensi tinggi. Frekuensi rendah disini yaitu voice. sedangkan frekuensi tinggi nya yaitu Data. Splitter ini berguna untuk menghubungkan kabel antara modem dan line telepon ke jaringan kabel telepon dari perusahaan telepon, pada contoh kasus ini misalnya PT. Telkom dengan jaringan koneksi internetnya Telkomspeedy. Splitter ini fungsi sesungguhnya adalah untuk menghindari gangguan pada saat pengguna dalam mengakses internet menggunakan modem jenis ADSL, jadi ketika pengguna sedang mengakses internet dan tiba-tiba ada telepon masuk atau sedang ingin menggunakan telepon tidak akan mengganggu aktivitas atau koneksi internet yang sedang digunakan, dapat diartikan splitter ini memisahkan fungsi jaringan data dengan jaringan komunikasi (voice). Pada dasarnya filter berfungsi untuk menjaga agar sinyal data ADSL tidak mengganggu sinyal suara, jadi semacam low pass filter bagi sinyal suara. 
Secara struktur, sambungan masuk dari telepon di bagi dua (2) keluaran, yaitu,


1. Sambungan untuk modem ADSL.
2. Sambungan untuk telepon.
Tidak semua splitter ADSL/filter ADSL mempunyai kualitas yang baik. Beberapa mempunyai kualitas yang buruk sehingga tidak berhasil memfilter dengan baik. Konsekuensinya, kita akan mendengarkan suara/noise pada frekuensi tinggi di pesawat telepon yang kita gunakan. Usahakan untuk mengganti splitter/filter yang digunakan jika terdengar noise tersebut. Splitter di sini berfungsi sebagai filter (untuk membedakan) antara sinyal suara (frekuensi rendah di bawah 4kHz) dan sinyal data (frekuensi tinggi di atas 30kHz). Splitter yang ada di USER juga sama fungsinya. Bila sinya suara yang masuk, maka ia akan dialirkan ke telepon oleh splitter. Bila sinyal yang masuk adalah sinyal data, maka ia akan dialirkan ke modem ADSL.
Pada ADSL, ada suatu device yang digunakan untuk memisahkan antara komunikasi suara data data pada saluran telepon. Device tersebut dinamakan splitter. Splitter dipasang pada kabel telepon RJ11 sebelum dihubungkan ke modem ADSL dan ke pesawat telepon. Fungsi splitter adalah sebagai filter untuk memisahkan sinyal DSL yang berfrekuensi tinggi dengan sinyal telepon atau POTS yang berfrekuensi rendah yang lewat pada saluran PSTN.


Refferensi: 
www.google.co.id

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

3 komentar:

Anonim mengatakan...

Singkat, padat, dan jelas. Terima kasih

gsdss.blogspot.com mengatakan...

blog nya bagus..

Unknown mengatakan...

Amazing

Posting Komentar